Unisma – Universitas Islam Malang (Unisma) dan Universitas Negeri Malang (UM) ternyata telah lama memiliki kedekatan. Hal ini terungkap dalam acara Stadium General dan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua perguruan tinggi  tersebut di ruang Sidang Rektorat Unisma Malang pada hari Kamis, 4 April 2013.

“Secara hati nurani antara Unisma dan UM sudah terpaut, dan sekarang diikat dalam kerjasama resmi antar lembaga,”  demikian disampaikan Rektor Unisma Prof. Dr. Surahmat, Msi saat memberikan sambutan.

Ia mencontohkan banyaknya dosen UNM yang ikut membangun Unisma. Hingga saat inipun para dosen tersebut masih aktif memberikan sumbangan pemikirannya untuk perguruan tinggi yang bernaung dibawah LP Ma’arif ini.

Sementara itu, Rektor UM Prof. Dr. H. Suparno menyampaikan bahwa melalui kerjasama kelembagaan inilah kelebihan dari masing-masing institusi akan dishare baik secara horizontal maupun vertikal. Lebih jauh Prof. Suparno berharap bahwa MoU ini akan menjadi MoU yang aktif, tidak hanya menjadi dokumen yang diarsip oleh masing-masing pihak, karena kekuatan jejaring akan menjadi kata kunci bagi kemajuan sebuan institusi.

Kerjasama yang dibangun antara Unisma dan UM meliputi pengembangan staf, publikasi, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengabdian serta penerimaan mahasiswa baru (maba).

Usai penandatanganan naskah kerjasama, Prof. Dr. Suparno memberikan kuliah umum bertajuk “Arah dan Kebijakan Pengembangan Pendidikan Tinggi di Indonesia”. Suparno mengajak agar perguruan tinggi terus menjaga kebersamaan, menampilkan jati diri sebagai perguruan tinggi yang kredibel