0341 – 551932, 551822 Jl. Mayjend Haryono 193 Malang
EnglishBahasa Indonesia
0341 – 551932, 551822 Jl. Mayjend Haryono 193 Malang
EnglishBahasa Indonesia

Pendidikan Bahasa Inggris

Eko Suhartoyo, S.Pd., M.Pd.

Kaprodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Selayang Pandang

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PS PB INGGRIS) merupakan salah satu program studi di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang, yang secara resmi berdiri tahun 1987. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0454/0/1987 Tanggal 1 Agustus 1987, Pada 1987, program studi ini diberi status TERDAFTAR berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no. 0454/0/1987 tertanggal 1 Agustus 1987. Pada tahun 1992 PS PB INGGRIS memperoleh status Diakui berdasarkan SK Mendikbud RI No. 167/Dikti/Kep/1992 tertanggal 28 April 1992.

Visi Kami

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PS PB INGGRIS) FKIP Universitas Islam Malang adalah mewujudkan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang handal dan berorientasi pada masa depan dalam pengelolaan, pengembangan serta penerapan disiplin Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris melalui pendidikan dan pengajaran yang bermutu, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkesinambungan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten, mempunyai wawasan entrepreneurship dan berkarakter Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah

Pendidikan

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dibidang pendidikan bahasa Inggris dalam rangka mempersiapkan tenaga pengajar (guru) Bahasa Inggris yang professional, berdaya saing tinggi, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat (stakeholders) serta memahami perkembangan global dunia pendidikan;

Penelitian

Melaksanakan penelitian dibidang pendidikan bahasa Inggris yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris di Indonesia

Pengabdian Masyarakat

Melaksanakan dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada peningkatan profesionalisme guru di sekolah tingkat dasar dan menengah

Kerja Sama

Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mendukung budaya akademik dan fungsional bagi sivitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris  serta masyarakat

Prinsip Penyelenggaraan

Keempat kegiatan tersebut dilaksanakan dengan didasarkan atas keimanan, ketakwaan, akhlakul karimah, sikap ilmiah, penguasaan ipteks, kreativitas, kemandirian, serta wawasan ke depan.

Tujuan Prodi

  1. mencetak guru bahasa Inggris yang memiliki komunikasi yang baik (communication competence), jiwa kepemimpinan yang handal (leadership) dan etika profesional (teacher’s code ethics)
  2. menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan keilmuan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
  3. menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi situasi yang baru dalam profesinya sebagai sarjana pendidikan bahasa Inggris dan mempunyai motivasi untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan kependidikan;
  4. menghasilkan lulusan yang mampu menyelesaikan permasalahan dengan menerapkan asas Aswaja (tawassuth, tawazun, tasammuh, i’tidal) serta mampu bekerja sama dalam skala lokal ataupun nasional;

Tujuan Prodi

  1.  mencetak guru bahasa Inggris yang memiliki kompetensi profesional, pedagogis, sosial, dan berkepribadian yang berkarakter Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah; 
  2. mencetak tenaga pengajar bahasa Inggris yang memiliki kemampuan entrepreneurship building dalam bidang lain yang berkaitan dengan Bahasa Inggris;
  3. melaksanakan penelitian yang sesuai dengan disiplin ilmu PS PB INGGRIS yang berkesinambungan dan bermutu, dan;
  4. melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam hal pendidikan dan pembelajaran.

Akreditasi

Pendidikan Bahasa Inggris Unisma Mendapat Peringkat Baik Sekali oleh Akreditasi BAN-PT tahun 2022

Sebaran Mata Kuliah

Berikut adalah mata kuliah yang ditempuh mahasiswa selama mengikuti studi

Semester 1

Kode Mata Kuliah SKS Deskripsi RPS
GCU01 Fitrah Beragama 1 PDF PDF
GCU02 Aqidah Aswaja 1 PDF PDF
GCU07 Pancasila 2 PDF PDF
GCU09 Bahasa Indonesia 2 PDF PDF
GCF01 Pengantar Pendidikan dan Inklusi 2 PDF PDF
GCK01 Intensive Course 12 PDF PDF
Total SKS Semester 1 20

Semester 2

Kode Mata Kuliah SKS Deskripsi RPS
GCU03 Amaliah Aswaja 1 PDF PDF
GCU04 Akhlak dan Tasawuf 1 PDF PDF
GCU08 Kewarganegaraan 2 PDF PDF
GCF02 Perkembangan Peserta Didik 2 PDF PDF
GCK02 Literal Listening 3 PDF PDF
GCK03 Literal Reading 3 PDF PDF
GCK04 Survival Speaking 3 PDF PDF
GCK05 Paragraph Writing 3 PDF PDF
GCK06 Basic English Grammar 3 PDF PDF
Total SKS Semester 2 21

 

Semester 3

Kode Mata Kuliah SKS Deskripsi RPS
GCU05 Aswaja An Nahdliyah 1 PDF PDF
GCU11 Kewirausahaan 2 PDF PDF
GCF03 Profesi Keguruan 2 PDF PDF
GCK07 Interpretative Listening 3 PDF PDF
GCK08 Interpretative Reading 3 PDF PDF
GCK09 Public Speaking 3 PDF PDF
GCK10 Essay Writing 3 PDF PDF
GCK11 Intermediate English Grammar 3 PDF PDF
Total SKS Semester 1 20

 

Semester 4

Kode Mata Kuliah SKS Deskripsi RPS
GCU06 Islam dalam Aspek Pendidikan 1 PDF PDF
GCK12 Critical Listening 3 PDF PDF
GCK13 Critical Reading 3 PDF PDF
GCK14 English Debate 3 PDF PDF
GCK15 Extended Essay Writing 3 PDF PDF
GCK16 Advance Grammar 3 PDF PDF
GCK17 Linguistics 1 3 PDF PDF
Total SKS Semester 4 19

 

Semester 5

Kode Mata Kuliah SKS Deskripsi RPS
GCK19 Language Teaching Preparation 3 PDF PDF
GCK20 Quantitative Method in English Language Teaching 3 PDF PDF
GCK21 Instructional Material Development 3 PDF PDF
GCK22 Linguistics 2 3 PDF PDF
GCK23 Literature in ELT 3 PDF PDF
GCP03 English for Young Learners*) 3 PDF PDF
GCP10 Translation in Practice*) PDF PDF
GCP13 Introduction to Second Language Acquisition*) PDF PDF
GCP14 Critical Reading and Writing*) PDF PDF
GCP15 Reading Comprehension*) PDF PDF
GCP16 Active English Speaking*) PDF PDF
GCP17 Writing for Basic Communication*) PDF PDF
Total Maksimal SKS 20

 

Semester 6

Kode Mata Kuliah SKS Deskripsi RPS
GCK24 ICT Based English Language Teaching 4 PDF PDF
GCK25 Language Testing and Assessment 3 PDF PDF
GCK26 Qualitative Method in English Language Teaching 4 PDF PDF
GCK27 Micro Teaching 3 PDF PDF
GCP04 English for Young Learners in Practice*) 3 PDF PDF
GCP05 ESP and Its Teaching*) PDF PDF
GCP09 Cross Cultural Understanding*) PDF PDF
GCP11 Interpretation in Practice*) PDF PDF
Total Maksimal SKS 20

 

Semester 7

Kode Mata Kuliah SKS Deskripsi RPS
GCP01 Writing for Research Publication*) 4 PDF PDF
GCP02 Seminar on English Language Teaching*) PDF PDF
GCP05 Instructional Materials Evaluation*) PDF PDF
GCP06 Instructional Media and Activities in Language Teaching (IMALT)*) PDF PDF
GCP07 Classroom Management*) PDF PDF
GCP08 Educational Management*) PDF PDF
GCP12 Business Correspondence and Public Relations*) PDF PDF
Total Maksimal SKS 20

 

Semester 8

Kode Mata Kuliah SKS Deskripsi RPS
GCU12 Kandidat Sarjana Mengabdi 4 PDF PDF
GCU13 Skripsi 4 PDF PDF
Jumlah SKS Semester 8 8

 

Fakta Kami

0
Guru Besar
0
Doktor
0
Dosen
0+
Mahasiswa

Dosen dan Peneliti

Berikut adalah Dosen dan Peneliti Kami di Bidang Pendidikan Bahasa Inggris

Prof. Drs. Junaidi, M.Pd., Ph.D

Subjects/Areas:
Strategies of Learning English

Dr. Hj. Mutmainnah Mustofa, M.Pd

Subjects/Areas:
Literature ITC Based Teaching

Dr. Rulam Ahmadi, M.Pd

Subjects/Areas:
Education

Drs. H. Ali Ashari, M.Pd

Subject/Area:
Speaking in English Language Teaching and Learning

Dr. Alfan Zuhairi, M.Pd

Subjects/Areas:
Language Learning Strategies Teaching English

Drs. Yahya Alaydrus, M.Pd

Subject/Area:
English Teaching and Assesment

Dr. Muhammad Yunus, M.Pd

Subjects/Area
English education; Learning Strategy

Dr. Hamiddin, S.Pd., M.Pd

Subjects/Areas:
Morphology Reading English Language Teaching

Dr. Kurniasih, S.Pd., M.A

Subjects/Areas:
Language teaching

Nuse Aliyah Rahmati, S.Pd., M.A

Subjects/Areas:
TEFL TEYL

Dr. Imam Wahyudi Karimullah, SS., M.A

Subjects/Areas:
ELT Lifelong Education Indonesian Language for Foreigners

Dr. Dzul Fikri, S.S., M.Pd

Expertise: Extensive Reading and Applied Linguistics

Henny Rahmawati, S.Pd., M.Pd

Subject/Area: Reading and Writing Academic, English Education

Dr. Atik Umamah, S.Pd., M.Pd

Subjects/Areas:
Learning strategies

Eko Suhartoyo, S.Pd., M.Pd.

Subjects/Areas:
Academic Writing Critical Thinking Second Language Acquisition (SLA)

Ika Hidayanti, S.Pd., M.Pd

Subjects/Areas:
Learning strategis, Critical Thinking

Diah Retno Widowati, S.Pd., M.Pd

Subjects/Areas:
Reading Teaching English as Foreign Language

Fitri Awaliyatush Sholihah, M.Pd

Subjects/Areas:
Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris

Febti Ismiatun, S.Pd., M.Pd

Subjects/Areas:
Language Learning Strategies

Dzurriyatun Ni’mah, S.Pd., M.Pd.

Subjects/Areas:
English Teaching n Reading

Dr. Dwi Fita Heriyawati, M.Pd

Subjects/Areas:
English Teaching

Mochamad Imron Azami, S.Pd., M.Ed.

Subjects/Areas:
English for Specific Purposes

Dr. Durotun Nasihah, S.S., M.A

Subjects/Areas:
Applied Linguistics, Pragmatics and Cognitive Linguistics

Sonny Elfiyanto, S.S., M.Pd., Ph.D

Subjects/Areas:
Teaching Writing, Comparative Study, Written Corrective Feedback and Writing Assessment

M. Faruq Ubaidillah, S.Pd., M.Pd

Subject/Area:
narrative inquiry in ELT, identity in language learning, language teaching methodology

Testimonials

  • Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Aenean eu leo quam. Pellentesque ornare sem lacinia quam venenatis vestibulum. Fusce dapibuNulla vitae elit libero, a pharetra augue.

    John Smith
    CEO Of Apple
  • Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio sem nec elit. Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue.

    Alan Gordon
    Contractor
  • Cras mattis consectetur purus sit amet fermentum. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Cras justo odio, dapibus.

    Janet Joles
    Purchasing Officer
Hubungi kami untuk mendapat bantuan dan informasi mengenai Pendidikan Bahasa Inggris

Mari Bergabung Bersama Kami