0341 – 551932, 551822 Jl. Mayjend Haryono 193 Malang
EnglishBahasa Indonesia
0341 – 551932, 551822 Jl. Mayjend Haryono 193 Malang
EnglishBahasa Indonesia

Pendidikan Profesi Guru(PPG)

Selayang Pandang

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Islam Malang berkomitmen untuk merealisasikan amanah undang-undang dalam rangka penyiapan guru profesional, yaitu ikut andil dalam menyiapkan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam bentuk Program Studi PPG. Program PPG di Indonesia sesuai amanah undang-undang baik UUGD maupun Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menganut model konsekutif atau berlapis. Pasal 17 (1) Undang-undang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa pendidikan profesi merupakan Pendidikan Tinggi setelah program sarjana yang menyiapkan mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus.

Kaprodi PPG

Drs. Zainal Abidin, M.Pd., Ph.D

Ketua Program Profesi Guru (PPG)

Kompetensi Utuh

Program Studi PPG merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Guru Profesional

Program Studi PPG yang akan menghasilkan guru-guru profesional diharapkan akan menghasilkan lulusan yang unggul dan siap menghadapi tuntutan zaman. Program Studi PPG yang dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran dan penilaian, hingga uji kompetensi, diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan berkarakter, serta cinta tanah air.

Universitas Islam Malang merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang diberi kepercayaan menyelenggarakan PPG melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indeonesia Nomor 728/KPT/2019.

Prodi PPG

SK Nomor 782/KPT/I/2019 tanggal 26 Agustus 2019 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Program Profesi pada Universitas Islam Malang dengan 3 bidang studi

PPG Bahasa Indonesia

Mengantarkan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi guru profesional

PPG Bahasa Inggris

Mengantarkan guru mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi guru profesional

PPG Matematika

Mengantarkan guru mata pelajaran Matematika menjadi guru profesional

Pendaftaran PPG

Universitas Islam Malang merupakan salah satu pergurun tinggi di Indonesia yang diberi kepercayaan menyelenggarakan PPG khususnya PPG Prajabatan Bersubsidi melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indeonesia Nomor 280/M/KPT/2017.

PPG Prajabatan Bersubsidi

PPG Prajabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan bagi lulusan Sarjana maupun Diploma IV, baik dari kependidikan maupun nonkependidikan bagi calon guru untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Contact Person Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru:

  1. Zainal Abidin, M.Pd., Ph.D. (Ketua Program Studi, Nomor WA: 081358822772)
  2. Ganjar Setyo Widodo (Sekretaris Prodi PPG, Nomor WA: 081359228282)

atau bisa email ke fkip@unisma.ac.id

Testimonials

  • Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Aenean eu leo quam. Pellentesque ornare sem lacinia quam venenatis vestibulum. Fusce dapibuNulla vitae elit libero, a pharetra augue.

    John Smith
    CEO Of Apple
  • Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio sem nec elit. Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue.

    Alan Gordon
    Contractor
  • Cras mattis consectetur purus sit amet fermentum. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor. Etiam porta sem malesuada magna mollis euismod. Cras justo odio, dapibus.

    Janet Joles
    Purchasing Officer