English Student Association (ESA) Universitas Islam Malang sukses menyelenggarakan kegiatan Nasional English Seminar (NES) 2021 pada hari Sabtu, (02/10/2021), dan diikuti oleh peserta yang terdaftar mulai tanggal 1 September sampai dengan 1 Oktober 2021.

Kegiatan ini mengangkat tema Dare To Speak, Dare To Action (the dynamics learning of foreign language in the middle pandemic). Dimana, program ini pentingnya tetap belajar, khususnya bahasa asing (bahasa Inggris) di masa pandemi ini.

National English Seminar mengundang pemateri, dosen Linguistik dari Universitas Islam Negeri Malang, yaitu Habiba Al-Umami, S.S., M.Hum.

Dimulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB, seminar ini dilaksanakan secara online, dan terdapat 2 sesi yaitu penyampaian materi, dan tanya jawab. Total peserta yang mengikuti seminar ini adalah 206 peserta.

Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti seminar ini, dengan memberi pertanyaan-pertanyaan yang menarik terkait dengan topic yang telah disampaikan, sehingga sesi diskusi atau tanya jawab terasa lebih enjoy.

Dalam materinya, Habiba Al-Umami, S.S., M.Hum menyatakan, topik The Dynamics Learning of Foreign Language ini menekankan pentingnya untuk tetap belajar dan menerapkan berbahasa.

“Bukan tentang bagaimana agar pintar berbahasa, namun tentang bagaimana kita sadar berbahasa. Dengan begini kita bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, tanpa ada kesalah pahaman,” paparnya.

Topik ini, kata Habiba Al-Umami, juga memberikan sebuah pelajaran bahwa pandemi ini hanya membatasi fisik, bukan membatasi interaksi sosial.

“Maka dari itu, sebagai mahasiswa yang sedang belajar bahasa asing, seharusnya tidak perlu merasa terbebani dan kesulitan dalam melatih skill berbahasa. Karena belajar dengan cara bersosialisasi untuk mengasah kemampuan bisa tetap dilakukan selama pandemi,” lanjutnya.

Meski terdapat sejumlah kendala dalam pelaksanaan seminar ini, akan tetapi kendala tersebut dapat diatasi. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan ilmu atau pengetahuan yang didapatkan juga sangat luar biasa