Unisma Malang- usai babak penyisihan di 23 rayon se Jawa-Bali yang berjalan sukses dan menuai banyak pujian, kini pada tanggal 09 September 2018, Himaprodi Pendidikan Matematika melaksanakan babak perebutan juara yang tak kalah suksesnya dengan babak penyisihan.

“alhamdulillah saya sangat senang dengan konsep yang dibuat oleh panitia, semuanya diatur secara rapi seperti keamanan untuk masuk kedalam kelas.” Ujar salah satu wali murid peserta.

PHI yang ke XVII tahun 2018 mengangkat tema Menumbuhkan Jiwa Matematika untuk Menciptakan Generasi Masa Depan yang Cemerlang. Dengan diangkatnya tema ini Himaprodi Pendidikan Matematika berharap agar visi-misi untuk menciptakan siswa yang berkepribadian matematis dan meningkatkan daya belajar serta daya kompetensi siswa bisa tercapai.

”tujuan kita mengangkat tema ini agar siswa bisa lebih giat dan gemar untuk belajar matematika” ujar Muhammad Syafi’i selaku ketua Himaprodi Pendidikan Matematika.

Dalam paket hari ilmiah (PHI) kali ini terdapat beberapa serangkaian acara, bukan hanya babak perebutan juara saja, namun secara serentak juga diselenggarakan Seminar pendidikan,pameran lukisan, dan bazar buku.

Seminar pendidikan matematika yang dilaksanakan di Gedung Bundar Al- Asyari mengangkat tema Mengembalikan profesionalitas guru matematika pada khittah-Nya  yang  dinarasumberi oleh Drs. Mustangin M.Pd. Seminar ini diikuti oleh semua para pendamping peserta dan wali murid. “seminar yang diadakan sangat bagus, karna dapat menambah wawasan saya, selain itu dari seminar tadi saya juga bisa membandingkan matematika dulu dan matematika sekarang sangatlah berbeda” ujar salah satu peserta seminar.

peserta yang mengikuti paket hari ilmiah tahun ini jauh lebih meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan setiap rayon sudah membuka untuk semua jenjang.” Olimpiade kali ini diikuti oleh 3.170 peserta se Jawa-Bali yang terdiri dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan ada sekitar 506 peserta yang lolos kebabak perebutan juara” tambah Muhammad Thoriqul Haq selaku ketua pelaksana PHI.

Dalam babak perebutan juara peserta diambil 30 besar disetiap level, khususnya untuk tingkat SD/MI  diambil 15 besar perkelas. Disini peserta memperebutkan 30 medali yaitu 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu. Tidak hanya itu, bagi peserta yang masuk kategori 3 besar mendapatkan tambahan berupa  Merit, Piala, Tabanas dan Piala Presiden bergilir untuk Juara satu tingkat SMP dan SMA.

Acara penutupan PHI sekaligus pengumuman kejuaraan yang dilaksanakan digedung bundar Al-Asyari memperoleh banyak pujian dari berbagai pihak, khususnya dari Dekan Fakultas FKIP yaitu Bapak Drs Hasan Busri, beliau juga mengatakan bahwa dengan diadakannya acara lomba PHI ini dapat lebih mengangkat nama unisma dipandangan masyarakat sehingga hal tersebut dapat menumbuhkan keinginan siswa untuk melanjutkan kuliah di Universitas Islam Malang.