Penanganan Kenakalan Siswa Di SDN Rejoagung 3 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengungkap persepsi guru SDN Rejoagung 3 berkaitan dengan penanganan kenakalan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus fenomenologis. Hasil penelitian terhadap persepsi guru SDN Rejoagung 3 mengenai cara mengatasi kenakalan siswa, yaitu: pemberian model bagi siswa, teguran verbal, sanksi fisik, perhatian khusus, memanipulasi pemberian tugas, memberikan aktivitas pengganti, memanipulasi lokasi tempat duduk, memberikan pemahaman khusus, memberikan kisi-kisi belajar, berkomunikasi dengan orang tua, memberikan peraturan, memberikan pilihan baik-buruk, pembiasan, memberikan pengalaman kegagalan, memberikan motivasi, berkomukasi secara pribadi dengan siswa, dan dikembalikan kepada orang tua.
Kata Kunci: persepsi, guru, penangangan kenakalan siswa, SDN Rejoagung 3.