Anugerah Kampus Unggul (AFU) adalah penghargaan atas prestasi Tri Dharma Perguruan Tinggi tingkat fakultas di lingkungan Universitas Islam Malang. Tahun 2018 ini penghargaan tersebut diraih oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Tegas Dr. Hasan Busri, M.Pd. ketika acara syukuran Dies Natalis Unisma ke 37, Rabu (11/4/2018).

“Luar biasa, tahun ini FKIP mendapatkan penghargaan luar biasa. Hal ini berkat kerja keras semua unsur di fakultas kami.” Tegas Bapak Hasan.

Penerimaan Penghargaan AFU dalam rangka Tasyakuran Dies Natalis Unisma ke 37

Sementara itu, Wakil Dekan bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Sri Wahyuni, M.Pd. menjelaskan bahwa AFU ini mencakup penilaian yang cukup komplek yang bobot penilaianya mencakup 4 bidang: tata kelola kelembagaan dan kerjasama, pendidik dan tenaga kependidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, dan pembelajaran dan kemahasiswaan. Dari 4 bidang itu diuraikan menjadi beberapa kelompok seperti prestasi diktendik Dikti, prestasi diktendik non-dikti, hibah penelitian dikti, bihah penelitian non-dikti, jumlah penelitian internal, hibah pengabdian pada masyarakat dikti, sampai pada hak kekayaan intelektual (HAKI).

Secara terpisah Wakil Dekan II, Dr. Sunismi, M.Pd. menjelaskan bahwa AFU ini merupakan perjuangan panjang. Perlu persiapan tim dan kerja keras semua pihak. “kami bentuk tim dan melakukan koordinasi secara intensif.” Tegas Dr. Sunismi.

Diketahui penerimaan penghargaan ini disaksikan oleh seluruh dosen dan karyawan di lingkungan Unisma terlebih dari unsur FKIP sendiri. Salah satu dosen sekaligus Kaprodi PBSI, Dr. Moh. Badrih, M.Pd. sangat mengapresiasi prestasi luar biasa ini dan ini merupakan bentuk kebersamaan yang dibangun di FKIP Unisma. “FKIP hebat, kerjasama yang dibangun di lingkungan FKIP sungguh manjur mengantarkan FKIP semakin berprestasi.” Tegas Dr. Badrih yang biasa dipanggil dengan Syeh Badrih ini.

Penghargaan AFU ini dilangsungkan setiap tahunnya, dan untuk memperhankan prestasi ini dan lebih baik lagi langkah-langkah strategis sudah disiapkan oleh pimpinan FKIP Unisma.