SEJARAH BERDIRINYA FKIP

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang didirikan pada tanggal 10 Mei 1981 dengan struktur dan pimpinan sebagai berikut ini: Dekan dijabat oleh Drs. H.R. Umar Wirasno; Pembantu Dekan I dijabat oleh Drs. Kusnan Adi W; Pembantu Dekan II dijabat oleh Drs. Suhadi; Pembantu Dekan III dijabat Drs. Achmad Martono. Sedangkan ketua jurusan sekretaris jurusan dijabat oleh: 1) Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dijabat oleh Drs. Leo Arif Furqon dengan sekretaris Jurusan dijabat oleh Drs. Kamilun Muhtadin; 2) Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dijabat oleh  Drs. Mochtar Data dengan sekretaris Jurusan dijabat oleh Drs. Imam Machfudz; 3) Ketua Jurusan Pendidikan Matematika dijabat oleh Drs. Gatot Muhsetyo dengan sekretaris jurusan dijabat oleh Drs. Supriyanto. Kepala Bagian Pengajaran dan Ketatausahaan dijabat oleh Drs. Prawoto dengan wakil Kepala Bagian Pengajaran dan Ketatausahaan oleh Drs. M. Irtaji

Berdasarkan perkembangannya selanjutnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang (FKIP Unisma) mempunyai empat jurusan, yaitu 1) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; 2) Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris; 3) Jurusan Pendidikan Matematika; 4) Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan.

Berdasarkan pertimbangan teknis dan nonteknis pimpinan FKIP Unisma mengalami perubahan. Sejak tahun 1983 struktur pimpinan FKIP Unisma sebagai berikut: Dekan  oleh Drs. H.R. Umar Wirasno; Pembantu Dekan I oleh Drs. Achmad Martono; Pembantu Dekan II oleh  Drs. H. Suhadi; dan Pembantu Dekan III oleh Drs. Kusnan Adi W. (Pjs)

Pimpinan Jurusan Pendidikan Matematika karena Drs. Gatot Muhsetyo studi ke Amerika Serikat, Jabatan Ketua Jurusan digantikan Drs. Suparjo P. sedangkan sekretaris jurusan sementara ditiadakan. Dengan dibukanya Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan dan Pendidikan Bahasa Inggris, maka sebagai pimpinan jurusan ditunjuk yaitu Bapak Abd. Syukur sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan dan H. Moh. Sudjai, M.A. sebagai Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

 

(Dikutip dari Buku 10 Tahun Unisma, 1991:37-39).