KEMBANGKAN KARAKTER DENGAN BAHASA DAN SASTRA

MALANG KOTA- Wujud kecintaan terhadap kelestarian Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah ditunjukkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (Unisma). Kampus yang beralamat  di Jl MT Haryono No 193 Malang ini telah menjalin kerja sama kemitraan kebahasaan dengan Balai Bahasa Provinsi Jatim. Kerja sama ini ditandatangani pada sabtu (14/6) kemarin di ruang Sidang Rektorat.

Dekan FKIP Unisma Dr H Nur Fajar Arief MPd mengatakan, tujuan dari kerja sama ini untuk bersama-sama memupuk kembali kefasihan berbahasa, terutama Bahasa Indonesia.

“Selain itu, juga menjadi peluang untuk melatih mahasiswa FKIP Unisma untuk melakukan kolaborasi dengan Balai Bahasa Provinsi Jatim dalam hal pengabdian Masyarakat, Penelitian, dan melakukan berbagai pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat,”paparnya.

Selain kegiatan kerja sama, Unisma juga mengadakan Employment Permit System Test Of Proficiency in Korea di gedung A, C, D, E dan F. Tujuan dari test ini, sebagai bentuk kepedulian Unisma terhadap tenaga kerja Indonesia yang  akan bekerja di Korea dengan bekal ketrampilan tertentu, terutama dalam menguasai bahasa korea.”Unisma bekerja sama dengan UPTP3TKI Surabaya dan BNP2TKI untuk menyukseskan kegiatan ini,”ujar Rektor Unisma Surahmat.

Diketahui, ada sebanyak 6.665 peserta yang mengikuti test tersebut yang berasal dari Jatim seperti ponorogo, Kediri, dan sekitarnya. Sedangkan jumlah total se-Indonesia sebanyak 30.596 orang. Mereka yang lolos dari tes ini akan diproses untuk bekerja di Korea