Dekan FKIP Dr. Hasan Busri, M.Pd. (Tiga dari kiri) berfoto didepan Produk Mahasiswa selepas membuka kegiatan

Kemahiran Bahasa Inggris yang ditopang dengan kemampuan grammar atau tata bahasa yang baik adalah keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 ini. Kemampuan komunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris adalah keniscayaan. Demikian ditegaskan oleh Dr. Hasan Busri, M.Pd., Dekan FKIP Unisma ketika membuka Grammar Exhibition Program 2018 di Unisma, Kamis (5/4/2018).

Hasan juga mengapresiasi kreatifitas mahasiswa yang didukung oleh dosen professional sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

“Saya sangat apresiasi kepada dosen pengampu mata kuliah grammar 3 dan seluruh mahasiswa atas kreatifitas mereka.” Tegas Bapak Dekan. Beliau menambahkan dengan kegiatan ini akan menambah ketertarikan masyarakat untuk belajar Bahasa Inggris. “Media pembelajaran grammar ini sangat kreatif karena dapat meningkatkan ketertarikan mahasiswa dan masyarakat umum untuk belajar grammar. Dengan adanya kegiatan ini saya berharap dapat menjadi contoh bagi mahasiswa jurusan lain untuk memotivasi semangat belajar mereka lagi”. Demikian tegas Bapak Dekan.

salah satu produk Grammar Exhibition karya mahasiswa Bahasa Inggris Unisma

Sementara itu, Dosen Pengampu Matakuliah Grammar 3, Atik Umamah, M.Pd. menyampaikan bahwa Grammar Exhibition Program 2018 adalah program tahunan sebagai follow up final project mata kuliah Grammar 3 yang diselenggarakan oleh mahasiwa Program Studi Bahasa Inggris Semester 3. Tema tahun ini adalah “Explore the World of Grammar with Creative Media to Achieve English Mastery”. Tahun kedua ini sedikit berbeda karena mengkombinasikan academic dan social skills. Pada sisi akademik mahasiswa mengasah kreatifitas dan skill grammar. Pada sisi sosial, ditambahkan book charity program untuk ikut serta dalam gerakan literasi. Sebagian dari media dan buku serta kamus yg terkumpul akan disumbangkan ke sekolah di sekitar kampus Unisma yg membutuhkan.

Diketahui, sedikitnya ada 25 media yg dipamerkan diantaranya adalah:

  1. Grammartron
  2. Grammar city
  3. Explore london with dora
  4. Labirin wall
  5. Grammar cake
  6. The natural beauty of future
  7. Produce grammar
  8. Brainy calendar
  9. Dino park
  10. Recipe grammar
  11. Grammar lollipop tree
  12. House of tenses
  13. Grammar circus
  14. Station grammar
  15. Grammar toon
  16. Jumanji tenses
  17. Grammar wheel
  18. Space of modal
  19. Pizza Roulette

Kegiatan ini dilaksanakan dihalaman parkir Universitas Islam Malang. Berlangsung selama sehari dari pagi hingga sore. Para pengunjung dapat berinteraksi dengan para mahasiswa dengan menggunakan bahasa Inggris. Selain ajang kreatifitas kegiatan ini menjadi momentum menggunakan bahasa Inggris ditengah-tengah kesibukan para mahasiswa dalam kegiatan akademik.