Kegiatan PASMAT Himaprodi Matematika FKIP Unisma

Kegiatan Wisuda sebagai salah satu kegitan akademik dapat berpeluang menciptakan kebersamaan dan kegiatan entrepreneurship. Demikian tegas Syafi’I, Ketua Himaprodi Pendidikan Matematika FKIP Unisma ketika sibuk mengatur jalannya Pasar Matematika (PASMAT) pada kegiatan Wisuda Sarjana, Profesi, Magister, dan Doktor Periode 59 Universitas Islam Malang (Sabtu, 21/4/2018).

“Setiap event Unisma adalah peluang menciptakan kebersamaan dan entreorenuership bagi mereka yang selalu berpikir positif.” Tegas Syafi’i.

Sementara itu Ketua Pelaksana, Aris, menyampaikan bahwa pasar matematika, atau yang biasa disebut PASMAT merupakan kegiatan rutin Himaprodi Pendidikan Matematika yang diadakan setiap kali ada moment-moment besar di kampus seperti wisuda dan Pekan Hari Ilmiah (PHI), dan juga ketika Ramadhan. “Kegiatan Pasmat ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa wirausaha mahasiswa matematika” ujar Aris.

Kebersamaan Mahasiswa Matematika dalam Membentuk Jiwa Wirausaha

Pada PASMAT kali ini panitia menyediakan pernak-pernik wisuda seperti buket bunga, buket snack, boneka wisuda, dan juga berbagai macam makanan ringan. Semua paket itu, buket bunga dan buket snack, merupakan hasil kreatifitas Himaprodi Matematika sendiri. Mereka menawarkan harga yang murah dan terjangkau oleh pembeli bergantung dari tingkat kesulitan dan lama pengerjaan dalam merangkai. Meskipun hasil kreatifitas sendiri, hasilnya tidak kalah dengan hasil kreatifitas orang-orang yang sudah ahli merangkai sehingga pembeli sangat puas dengan hasil rangkaiannya. Pembelinya, kebanyakan dari wisudawan, dan juga orang yang ingin membawa hadiah untuk teman atau saudaranya yang wisuda.

Aris memaparkan bahwa Pasmat kali ini berjalan dengan lancar, meskipun dalam suasana kepanasan, tetapi semua anggota himaprodi tetap semangat dan alhamdulillah tadi juga banyak pembeli yang membeli produk kita, ucap Aris.

Produk Mahasiswa Matematika dalam Kegiatan PASMAT

Secara terpisah, Kaprodi Pendidikan Matematika, Bapak Drs. Zainal Abidin, AMS, M.Pd., Ph.D. menyampaikan apresiasi yang tiada terhingga atas kreatifitas mahasiswa matematika yang selalu berkreasi dan tidak pernah lelah dalam menjalankan agenda-agenda program kerja yang sudah disiapkan. “Kami bangga dengan mahasiswa matematika, mereka mempunyai kreatifitas tinggi dan dedikasi luar biasa dalam menjalankan program kerja yang sudah ditetapkan, dan ini sebagai wujud dari Membentuk Karakter Mahasiswa Matematika Berjiwa Wirausaha”, kata Dr. Zainal.