Pada 20 September 2014, pukul 09.00 – 12.30 WIB para mahasiswa FKIP UNISMA mengikuti Bimbingan Teknis (BIMTEK) penulisan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Malang (UNISMA). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Oesman Mansoer tersebut dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman pada para mahasiswa dalam pembuatan proposal PKM.

Sebagai narasumber utama dalam Bimtek yang dihadiri para dosen pembimbing dan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan adalah Dr. Mistaram (Reviewer PKM). Beliau dalam penyajiannya menunjukkan contoh-contoh proposal PKM yang sudah berhasil diterima dan motivasi agar para mahasiswa bersemangat untuk menyusun proposal PKM Tahun 2014.

Mahasiswa yang mengikuti BIMTEK adalah mereka yang berhasil mengajukan proposal PKM Tahun 2013, dan mahasiswa yang akan mengajukan proposal PKM Tahun 2014. Untuk pengajuan proposal PKM Tahun 2014 ini terakhir diupload pada tanggal 27 September 2014, sedangkan mahasiswa menyerahkan proposal ke UNISMA dan diaupload terakhir tanggal 25 September 2014. Upload proposal ini sengaja lebih awal menjaga kemungkinan adanya gangguan proses upload karena bersamaan dengan seluruh perguruan tinggi se-Indonesia.

Keberhasilan mahasiswa FKIP UNISMA dalam kompetisi Proposal PKM dari waktu ke waktu tidak lepas dari perhatian dan bimbingan dari para dosen di lingkungan FKIP UNISMA. Keuntungan bagi para dosen pembimbing antara lain adalah untuk kepentingan kum (kenaikan pangkat), dan peluang serta motivasi dari para pimpinan FKIP.

Beberapa dosen FKIP yang berhasil membimbingan penyusunan proposal PKM tahun 2013 dengan anggaran Tahun 2014 adalah: (1) Dr. Sri Wahyuni, M.Pd.; (2) Dr. Mukaromah, M.Pd.; (3) Dr. Dyah Wertiningsih, M.Pd.; (4) Drs. Mustangin, M.Pd.; (5) Dr. Sunismi, M.Pd.; dan (6) Dr. Rulam Ahmadi, M.Pd.

Jumlah mahasiswa FKIP yang berencana membuat proposal PKM Tahun 2014 ini diperkirakan di atas 100 orang dari semua prodi (Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, dan PBSI). Sebagian besar sudah proses revisi akhir dari dosen pembimbing, kemudian akan segera disetor dan diupload. (R.A.).