KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FSLC (FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE) PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

 Fadjrin Eka Sulistiana1, Zainal Abidin2, Abdul Halim Fathani3

1,2,3 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang

Email: 1Fadjrin_eka@yahoo.com , 2zainal_abid@yahoo.co.id , 3ah.fathani@gmail.com

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembejaran FSLC (Formulate-Share-Listen-Create) dan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi aritmetika; dan (2) untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik setelah penerapan model pembelajaran FSLC pada materi aritmetika sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (Mixed Research) pada tipe Concurrent Embedded. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,034 yang lebih kecil dari nilai = 0,05 sehingga H0 ditolak atau H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis antara peserta didik kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran FSLC dan peserta didik kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil rata-rata Postest peserta didik kelas eksperimen sebesar 81,30 dan nilai rata-rata Postest peserta didik kelas kontrol sebesar 71,79. Hal ini berarti kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran FSLC lebih tinggi daripada peserta didik kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

 Kata Kunci: kemampuan penalaran dan komunikasi matematis, model pembelajaran FSLC

Full text please download KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS