Matematika

November 18th, 2017

Visi PS PMAT FKIP Unisma adalah menjadi PS sebagai pusat unggulan dan rujukan dalam pendidikan, penelitian,  dan penerapan Ipteks untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten pada bidang pendidikan matematika dengan dilandasi aqidah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nahdliyah.

Dalam upaya mewujudkan visi program studi tersebut, misi PS PMAT FKIP Unisma adalah:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan tenaga guru matematika yang memiliki kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.
  • Melaksanakan penelitian guna mengembangkan keilmuan, pendidikan, dan pembelajaran matematika kekinian dengan hasil kajian yang memadai dan memiliki keunggulan.
  • Melaksanakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan matematika dan pendidikan pada umumnya dalam rangka mengimplementasikan Ipteks di masyarakat.

Ketiga misi tersebut dilaksanakan dengan dasar keimanan, ketakwaan, akhlaqul karimah, sikap ilmiah, penguasa Ipteks, kreativitas, kemandirian, dan wawasan ke depan.

Tujuan PS PMAT adalah sebagai berikut.

  • Mencetak SDM untuk menjadi guru matematika di sekolah dasar dan menengah yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian.
  • Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi guru matematika di sekolah dasar dan menengah yang memiliki kompetensi tambahan yang menunjang profesionalisme.
  • Menyiapkan mahasiswa yang mampu mengembangkan dan menerapkan Ipteks serta memiliki tanggung jawab terhadap kemaslahatan dan kesejaheraan umat manusia.
  • Menyelenggarakan sistem kelembagaannya pada tingkat program studi yang demokratis, efektif dan efisien guna kehidupan perguruan tinggi yang sehat, mantap dan dinamis.
  • Menjalin kerjasama dengan semua pihak yang dilandasi komitmen bersama yang positif.

Lulusan PS PMAT diharapkan memiliki kompetensi dalam bidang Pendidikan dan Pembelajaran Matematika serta bidang lain yang terkait. Secara umum profil lulusan PS MAT adalah sebagai berikut

Profesi utama: menjadi guru bidang studi matematika di sekolah menengah.

Profesi alternatif: menjadi manajer sekolah, menjadi pendidik di sekolah berbasis Islam-Aswaja, dan menjadi pengembang media pembelajaraan matematika.

Comments are closed.
العربية العربية English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia