Dr. Abdussakir ketika sesi pemaparan materi

Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar seminar matematika Rabu (9/5/ 2018). Acara yang dihelat di Hall Oesman Mansoer, Gedung Al-Hanafi Unisma, lantai 3 ini mendapat sambutan luar biasa dari civitas akademika dan pemerhati Matematika luar kampus.

Tema kegiatan seminar kali ini adalah “Eksplorasi Matematika dalam Al Quran dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika”. Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Drs. Zainal Abidin, AMS., M.Pd., Ph.D, dalam sambutannya mengatakan salut dan bangga kepada pengurus Himaprodi (Pendidikan Matematika Unisma, red) yang tidak pernah lelah untuk selalu menyibukkan diri dengan menggelar berbagai kegiatan positif dalam pengembangan diri dan keilmuan.

“Saya berharap kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara berjangka, agar dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa,” ujar Dr. Zainal.

Foto Bersama Civitas FKIP Unisma dengan Narasumber

Acara Seminar Matematika ini secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FKIP Unisma, Muhammad Yunus, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa Matematika tentu tidak bisa dilepaskan dari Al Quran.

“Al Quran merupakan sumber ilmu, termasuk sumber pengembangan ilmu matematika,” tegasnya.

Hadir sebagai narasumber seminar matematika ini Dr. Abdussakir, M.Pd. Dosen Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang saat ini juga menjadi Kepala Pusat Studi Sains dan Teknologi.

Di awal pemaparannya, Dr. Abdussakir menegaskan landasan mempelajari matematika dari Al-Qur’an dan Al-Hadits. Orang yang belajar matematika, diharapkan bisa melaksanakan tugasnya sebagai Abdullah dan khalifatullah, di samping juga memiliki akhlak yang baik.

Selanjutnya narasumber menguraikan kaitan antara Matematika dan Al Quran. Ada empat cara mengintegrasikan Al Quran dengan pembelajaran matematika. Yaitu: Mathematics form Al Quran, Mathematics for Al Quran, Mathematics to Al Quran dan Mathematics with Al Quran.

Setelah pemamaparan materi, dilanjutkan sesi tanya jawab oleh lima peserta. Selain diikuti semua mahasiswa pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisma baik program S1 maupun PPG, acara seminar ini juga dihadiri para pimpinan fakultas dan program studi, fungsionaris mahasiswa dari BEM FKIP, DPM FKIP, dan Himaprodi lainnya. Hadir juga pemerhati matematika luar kampus, dari unsur guru, mahasiswa luar Unisma, dan pengurus IKAHIMATIKA. Bahkan, ada juga alumni matematika Unisma turut hadir mengikuti kegiatan ini.

 

Di penghujung acara dilaksanakan sesi pemberian cindera mata dan foto bersama.

“Alhamdulillah, kami merasa senang dan puas, acara seminar matematika bisa terlaksana dengan baik. Dan, pesertanya sangat banyak memenuhi ruangan Hall Oesman Mansoer ini. Dari luar kampus juga banyak,” ungkap Syafi’I, Ketua Himaprodi Pendidikan Matematika Unisma dengan penuh bangga.