0341 – 551932, 551822 Jl. Mayjend Haryono 193 Malang
EnglishBahasa Indonesia
0341 – 551932, 551822 Jl. Mayjend Haryono 193 Malang
EnglishBahasa Indonesia

Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Eko Suhartoyo, S.Pd., M.Pd.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PS PB INGGRIS) merupakan salah satu program studi di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang, yang secara resmi berdiri tahun 1987. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0454/0/1987 Tanggal 1 Agustus 1987, Pada 1987, program studi ini diberi status TERDAFTAR berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no. 0454/0/1987 tertanggal 1 Agustus 1987. Pada tahun 1992 PS PB INGGRIS memperoleh status Diakui berdasarkan SK Mendikbud RI No. 167/Dikti/Kep/1992 tertanggal 28 April 1992.

Dalam rangka mempertahankan standar mutu, program studi ini membuka diri untuk dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang hasilnya adalah terbitnya Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 01964/Ak-II.1/UIMPGI/XII/1998 dengan status TERAKREDITASI B. Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi tahun 2004 dengan nomor surat 2285/D/T/2004 tertanggal 29 Juni 2004. Untuk kedua kalinya, program studi ini dinilai oleh BAN-PT, yang hasilnya adalah diberinya status TERAKREDITASI B melalui Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 07639/Ak-IX-S1-017/UIMPGI/X/2005 Tanggal 13 Oktober 2005. Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Strata 1 (S-1) nomor 2296/D/T/2008 tertanggal 15 Juli 2009.

Akreditasi terakhir oleh BAN-PT sesuai dengan SK Nomor 1074/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015 dengan peringkat B

Visi
Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PS PB INGGRIS) FKIP Universitas Islam Malang adalah mewujudkan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang handal dan berorientasi pada masa depan dalam pengelolaan, pengembangan serta penerapan disiplin Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris melalui pendidikan dan pengajaran yang bermutu, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkesinambungan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten, mempunyai wawasan entrepreneurship dan berkarakter Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

Misi
Dalam rangka mewujudkan visi program studi tersebut, misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PS PB Inggris) FKIP Unisma mencakup empat hal yiatu 1) Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dibidang pendidikan bahasa Inggris dalam rangka mempersiapkan tenaga pengajar (guru) Bahasa Inggris yang professional, berdaya saing tinggi, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat (stakeholders) serta memahami perkembangan global dunia pendidikan; 2) Melaksanakan penelitian dibidang pendidikan bahasa Inggris yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris di Indonesia; 3) Melaksanakan dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada peningkatan profesionalisme guru di sekolah tingkat dasar dan menengah; 4) Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mendukung budaya akademik dan fungsional bagi sivitas akademika PS PB INGGRIS serta masyarakat. Keempat kegiatan tersebut dilaksanakan dengan didasarkan atas keimanan, ketakwaan, akhlakul karimah, sikap ilmiah, penguasaan ipteks, kreativitas, kemandirian, serta wawasan ke depan.

Tujuan
Tujuan PS PB Ingris  adalah: (1)   mencetak guru bahasa Inggris yang memiliki komunikasi yang baik (communication competence), jiwa kepemimpinan yang handal (leadership) dan etika profesional (teacher’s code ethics); (2)   menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan keilmuan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi; (3)   menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi situasi yang baru dalam profesinya sebagai sarjana pendidikan bahasa Inggris dan mempunyai motivasi untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan kependidikan; (4)   menghasilkan lulusan yang mampu menyelesaikan permasalahan dengan menerapkan asas Aswaja (tawassuth, tawazun, tasammuh, i’tidal) serta mampu bekerja sama dalam skala lokal ataupun nasional; (5)   mencetak guru bahasa Inggris yang memiliki kompetensi profesional, pedagogis, sosial, dan berkepribadian yang berkarakter Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah; (6)   mencetak tenaga pengajar bahasa Inggris yang memiliki kemampuan entrepreneurship building dalam bidang lain yang berkaitan dengan Bahasa Inggris; (7)   melaksanakan penelitian yang sesuai dengan disiplin ilmu PS PB INGGRIS yang berkesinambungan dan bermutu, dan; (8)   melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam hal pendidikan dan pembelajaran.